Organizer nya seorang ibu rumah tangga

Apakah ibu rumah tangga perlu sebuah organizer? Sangat perlu! Setuju kan bunda? Pekerjaan kita banyak dan jadwal kita ketat. Kalo boleh dibilang, semua mengandalkan ibu untuk mengingatkan segala macam hal. Apalagi untuk seorang working mom. 

Jadi gimana caranya punya organizer yang rapi dan benar-benar membantu? Berikut tipsnya...

Bunda bisa menggunakan organizer apapun, yang sederhana seperti tampak disamping juga boleh.

Didalamnya bunda sisipkan halaman untuk :
1. daftar aktifitas rutin setiap hari (daily routines)
misalnya bangun tidur, mandi, menyiapkan sarapan, menyiapkan bekal untuk anak sekolah, menyiapkan makan siang, makan malam, menemani anak mengerjakan pe er, beberes rumah, menyiram tanaman dan lain sebagainya. Semua aktifitas yang selalu bunda kerjakan setiap hari, harus dimasukkan kedalam bagian ini. Bunda bisa membaginya menjadi 3 yaitu pagi, siang dan malam. Bila perlu sertakan jam serta berapa lama bunda melakukannya.

2. daftar aktifitas mingguan (weekly routines)
misalnya membersihkan kulkas, membersihkan kamar mandi, mengganti sprei, mengantar anak kursus, jadwal les, membersihkan jendela dll

3. daftar aktifitas bulanan (monthly routines)
misalnya membayar tagihan-tagihan, jadwal ronda ayah, rencana bermain bersama keluarga, service kendaraan, membersihkan karpet dll

4. daftar aktifitas tahunan (annualy routines)
misalnya rencana liburan sekolah, hari raya, akhir tahun, jadwal sekolah, rencana ulang tahun, jadwal ke dokter gigi dll

5. Appointment atau janji

6. Daftar ulang tahun keluarga, family, teman
Siapkan tabel sederhana, di bagian atas menyamping (X) tuliskan nama bulan, sedangkan tanggal 1-31 dituliskan secara menurun di kolom paling kiri (Y). Kotak-kotak didalamnya bunda isi dengan nama yang berulang tahun. Misalnya 22 nopember bunda berulang tahun, isi di kotak pertemuan antara X-mei dan Y-22.
Dengan demikian, bunda tidak akan lupa dan tidak perlu mengingat-ngingat.

7. Menu planner
Untuk membantu bunda menyiapkan makanan yang bervariasi di rumah, bunda bisa sisipkan Menu Planner ini kedalam organizer bunda.


Semoga tips ini membantu bunda melakukan manajemen waktu yang lebih baik lagi, dan tidak pusing sibuk mengisi organizer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar