Taktik 15 menit - tips simple membereskan rumah

Taktik 15 menit ini saya dapat ketika membaca buku Keluarga Duggar: dari 2 menjadi 20, dan kemudian saya sempat membacanya juga di blog RumahInspirasi.com
Efektif sekali untuk membereskan barang di rumah, dan bisa juga diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Kuncinya adalah sediakan waktu hanya 15 menit untuk satu kegiatan/pekerjaan, dan setelah waktunya habis segera lanjutkan ke pekerjaan berikutnya. 

Taktik 15 menit ini sangat cocok diterapkan pada saat bunda hendak membereskan rumah. Begitu banyak barang yang sudah tidak terpakai masih saja tersimpan di lemari atau kamar kita. Dan sudah mulai terlihat 'kumuh'. Sekaranglah waktunya untuk membereskannya.


Langkah pertama, sediakan 3 kotak atau kantong plastik besar, sebisa mungkin dalam keadaan tertutup sehingga kita tidak ada waktu untuk menengok-nengok isi kotak/plastik itu. Satu kotak untuk barang yang masih dipakai, satu kotak untuk barang yang harus dibuang dan satu kotak lagi adalah untuk barang yang bisa diberikan kepada orang lain atau bisa diloakkan.

Siapkan timer, set waktunya selama 15 menit dan mulailah bekerja. 15 menit adalah waktu untuk membereskan satu spot saja misalnya satu lemari, satu rak, satu laci atau tempat-tempat lainnya. Terasa jauh lebih ringan ketimbang membayangkan harus membereskan seluruh ruangan sekaligus sepanjang hari kan?
Setelah timer berbunyi, berhentilah, kemudian simpan kotak yang berisi barang yang masih akan disimpan. Singkirkan dua kotak sisanya, bila perlu langsung dibuang ke tempat pembuangan. Kemudian set timer 15 menit lagi, untuk mengembalikan barang yang disimpan kembali ke tempat semula, dan tentunya lebih rapi.

Selesai! Praktis kan? Oya, saat bunda bekerja, pasang/setel musik/lagu yang membangkitkan semangat, atau lagu yang berirama cepat sehingga bunda bekerja lebih efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar