Tips mengatur rumah tetap rapi

storage box
Tumpukan barang, majalah dan koran bekas, timbunan surat dan nota tagihan, mainan anak, peralatan dapur, semua menuntut wadah. Tampaknya sih masalah kecil, tapi cukup merepotkan ternyata.

Rasanya tidak ada satu pun rumah yang bebas dari masalah tumpukan barang. Yang paling menyebalkan adalah barang-barang berukuran kecil, yang kerap kali berserakan karena tidak ada wadah yang cukup memadai untuk menampungnya. Coba lihat meja kerja, ruang keluarga, dapur, berapa banyak timbunan barang di sana?

Masalahnya kita termasuk orang yang "sulit" membuang barang, betul tidak? Tapi tentunya masalah ini tidak boleh didiamkan, sekarang waktunya untuk bergerak merapikannya.

Berikut beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk menjaga rumah tetap rapi, meski banyak barang yang dimiliki.
Sediakan kotak-kotak penyimpanan sesuai dengan barang yang kita punya

Banyak sekali jenis kotak (storage box) yang bisa dipakai untuk menyimpan barang. Bisa pilih keranjang rotan, box dari kardus yang dibungkus dengan kertas cantik, kotak plastik dan masih banyak lagi. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, baik dari bahan dan ukurannya. Lebih baik memilih kotak yang ada tutupnya sehingga barang-barang kita tidak mudah berdebu. Kita bisa menempelkan label di bagian  yang mudah terlihat supaya kita cepat mengetahui apa isi kotak itu. 

Optimalkan furnitur yang memiliki wadah penyimpanan
Rak, lemari, kabinet dapur, laci meja nakas, hingga bench yang memiliki wadah penyimpanan, harus dimaksimalkan pemanfaatannya. Pastikan barang-barang yang disimpan di sana, diatur dengan rapi sehingga setiap ruang terisi penuh.

Disiplin dalam menyimpan barang
Salah satu sebab barang kerap berserakan adalah karena kita sendiri tidak disiplin. Begitu selesai menggunakan barang, segera kembalikan ke tempatnya semula. Dengan demikian setiap barang akan tetap rapi berada di tempatnya.

Rapikan barang secara berkala
Coba perhatikan, dalam seminggu saja pasti ada barang yang bertambah di rumah kita. Itu sebabnya, kita perlu merapikan barang-barang yang kita simpan secara berkala. Tiga sampai enam bulan sekali, rasanya cukup. Bongkar kembali rak atau lemari penyimpanan, kelompokkan barang-barang yang masih terpakai dan yang tidak. Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai, tempatnya bisa diisi oleh barang-barang yang baru jadi "penghuni" rumah.

Betapapun "sayangnya" kita pada barang-barang di rumah, ada waktunya kita harus menyingkirkan yang sudah tak lagi terpakai. Bunda tentu tidak mau rumah jadi tampak penuh barang seperti di gudang penyimpanan, kan? Jadi, coba aplikasikan cara-cara di atas, mudah-mudahan bisa membantu.

Baca taktik 15 menit dalam membereskan rumah di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar